27 Jun 17:32

Ajarkan Pelajar Bertani, Bupati Dedi Gelar Panen Raya

Ratusan siswa dari SD, SMP dan SMA ikut serta dalam acara panen rata di Desa Warung Jeruk Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Keterlibatan para pelajar dalam acara ini karena area pertanian yang terdiri dari padi dan palawija ini dikelola langsung oleh para pelajar itu.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang hadir dalam acara panen raya itu, mengatakan, panae raya ini bagian dari upaya pemkab untuk menguatkan pendidikan karakter pelajar setempat. 

"Pendidikan karakter yang telah dibangun di Purwakarta sebenarnya dimaksudkan agar peserta didik mampu mengenali dan memahami cara bertani dan beternak yang mulai ditinggalkan generasi muda," ujar Dedi, Rabu (23/16/2016) 

Pendidikan aplikatif berbasis karakter wilayah memang menjadi salah satu kebijakan pemda Purwakarta sejak Dedi memangku jabatan sebagai Bupati. Kini kebijakan tersebut diterapkan di sekolah-sekolah dengan out put panen raya yang hari ini dilakukan.

"Biasanya kan anak muda kalau disuruh ke sawah atau ternak domba malah gengsi, senangnya main gadget," Kata Dedi.

Dedi juga mengatakan, dalam momentum panen raya ini, pelajar diajarkan cara memanen sekaligus tata cara bertani yang lain. 

"Intinya bahwa anak-anak didik yang tinggal di daerah basis pertanian ya harus mampu bertani, soal kelak ketika dewasa mau jadi apa itu kan garis nasib, yang penting karakter wilayah yang mereka miliki menjadi kuat," Kata Dedi menambahkan.

Salah satu siswa yang mengikuti acara panen raya, Asep (13)mengungkapkan rasa bangganya bisa ikut serta terlibat dalam acara panen raya bersama bupatinya. 

"Lumayan kang cape ternyata jadi petani itu tapi asyik kang. Bangga juga bisa panen bareng Pak Bupati," Kata Siswa Kelas 7 SMPN Tegalwaru.