25 Sep 20:16

ASAD 313 Jaya Perkasa Berhasil Imbangi Tim Nasional U-15 Binaan Kemenpora

Tim Nasional U-15 binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga harus puas bermain imbang saat menghadapi Tim ASAD 313 Jaya Perkasa binaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta. Skor 1-1 pun bertahan di papan skor hingga pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Laga yang dihelat Jum’at (16/9) ini merupakan bagian dari rangkaian uji coba Tim Nasional U-15 sebelum bertolak menuju Kuala Lumpur Malaysia Tahun 2017 mendatang dalam gelaran Piala Asia U-15.

Pertandingan  yang digelar di Stadion Purnawarman Purwakarta ini berlangsung alot dengan tempo lambat di babak pertama. Kedua tim terlihat berhati-hati memainkan bola dengan umpan pendek antar lini masing-masing. Pada menit ke-10 penonton yang memenuhi tribun barat Stadion Purnawarman bersorak melihat pemain ASAD 313 Jaya Perkasa Yadi Mulyadi yang memberikan umpan silang kepada Rizky Subagja. Namun sayang sundulan Rizky masih mampu dimentahkan oleh penjaga gawang Timnas U-15 Chandra Nur Assrovi.

Kemelut terjadi di depan gawang ASAD 313 pada menit ke-26. Deka Muhammad Toha, pemain binaan ASAD yang kini membela Timnas U-15 berhasil membobol gawang ASAD yang dikawal oleh Ahlul Zikri Fikri lewat sepakan terukurnya. Skor berubah 0-1 untuk keunggulan Timnas U-15.

Sepuluh menit berselang, tepatnya pada menit ke-36, ASAD 313 yang bermain mengandalkan serangan balik cepat berhasil menyamakan kedudukan melalui striker andalan Yadi Mulyadi. Memanfaatkan bola yang memantul, Yadi reflek melakukan tendangan first time yang berhasil menaklukan penjaga gawang Timnas Chandra Nur Assrovi. Skor imbang 1-1 menghiasi papan skor hingga turun minum.

Tempo tinggi diperlihatkan oleh kedua tim begitu memasuki menit pertama babak kedua. Jual beli serangan tidak bisa dihindarkan karena kedua tim ngotot ingin memenangkan pertandingan. Kokohnya pertahanan barisan belakang mengakibatkan bola lebih banyak bergulir di sektor tengah kedua tim. Walaupun begitu, menurut data statistik yang diperoleh dari panitia pertandingan, Timnas U-15 unggul penguasaan bola sebesar 55% berbanding 45% milik Tim ASAD 313 Jaya Perkasa.

ASAD 313 Jaya Perkasa sebenarnya memiliki peluang emas melalui titik putih pada menit ke-75. Namun sayang Hamsa Lestaluhu yang dipercaya bertindak sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya. Lesatan tendangan 12 pasnya masih berhasil diantisipasi oleh penjaga gawang Timnas U-15. Hingga akhir babak kedua, skor masih tidak berubah, pertandingan berakhir imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Usai pertandingan, Manajer ASAD 313 Jaya Perkasa Alwi Hasan mengaku puas atas hasil yang diraih oleh anak asuhnya. Menurut dia pertandingan ini akan menambah jam terbang timnya untuk persiapan menjelang turnamen di Thailand bulan Oktober mendatang.

“Kita syukuri, perjuangan anak-anak sudah cukup baik. Apalagi lawan mereka kali ini Tim Nasional. Saya kira ini bagus untuk persiapan oktober nanti”. Ungkap Alwi.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang turut hadir menyaksikan pertandingan tersebut turut memberikan apresiasi kepada Tim ASAD 313 Jaya Perkasa. Menurut dia permainan yang ditampilkan oleh tim binaan pemerintah daerah tersebut cukup menarik dengan koordinasi antar lini yang ditampilkan. Namun Dedi tidak menampik Tim ASAD 313 Jaya Perkasa tampil grogi karena disaksikan oleh publik sendiri.

“Mainnya bagus, umpan pendek ala tiki taka. Tapi mungkin grogi ditonton oleh masyarakat Purwakarta. Ke depan mereka bisa lebih mengasah kemampuannya”.

Seperti diketahui, ASAD 313 Jaya Perkasa merupakan sekolah sepakbola yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Tim ini berhasil menjuarai Turnamen U-14 Piala Menteri Pemuda dan Olahraga yang digelar di Sidoardjo. Menurut rencana, Tim ini diproyeksikan untuk mengisi kerangka Timnas U-15 binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun depan. (*)