25 Sep 20:32

Bupati Purwakarta Segel Pembangunan Perumahan Tanpa Izin

Mendapat laporan dari warga terkait adanya perumahan tak berizin di Kampung Babakan Bandung Desa Kertamukti Kabupaten Purwakarta, Bupati setempat Dedi Mulyadi hari ini Kamis (6/10) mendatangi langsung lokasi tersebut dalam rangka melakukan penyegelan. Tak tanggung-tanggung Bupati yang selalu mengenakan pakaian khas Sunda itu memerintah kepada Ketua Rukun Tetangga di wilayah itu untuk melakukan pembongkaran.

“Berani gak bongkar ini? Harus berani. Ini bangunan gak punya surat Izin Mendirikan Bangunan”. Tegas Dedi kepada Rusmana, Ketua RT 07/03 Desa Kertamukti.

Kepada aparat pemerintahan mulai dari Kecamatan hingga tingkat Desa yang turut hadir bersamanya, Dedi menegaskan kembali kebijakannya yang selama ini melarang pembangunan perumahan yang bisa merusak karakter wilayah. Daerah persawahan dan resapan air kata Dedi sama sekali tidak boleh dibangun perumahan diatasnya.

“Sebelumnya kita mengeluarkan peraturan pembatasan pembangunan perumahan. Kita orientasikan Purwakarta menjadi daerah hijau di Jawa Barat untuk melindungi karakteristik desa. Kalau pun mau membangun ya harus dengan warga tidak perlu memakai nama baru, jangan mengubah karakter wilayah”. Jelas Dedi.

Pemilik lahan perumahan tersebut menurut Rusmana, awalnya mengaku hanya akan membuat satu rumah untuk tempat berteduh. Akan tetapi belakangan dia ketahui ternyata beberapa rumah dia dirikan diatas tanah seluas 8.000 meter itu.

“Pemiliknya Pak Washington Pandjaitan, awalnya kata beliau hanya akan membuat bangunan tempat menyimpan semen dan berteduh saja. Pas selanjutnya saya cek ternyata malah berdiri beberapa rumah. Padahal warga sudah menolak”. Kata Rusmana.

Selain sanksi pembongkaran bagi pengusaha yang membangun perumahan, seluruh aparat Desa Kertamukti pun harus bersiap menerima sanksi berupa penundaan honor selama tiga bulan ke depan, (*)