26 Sep 19:55

Defile Kendaraan Alutsista Meriahkan HUT TNI Ke 71 di Purwakarta

Alat Utama Sistem Pertahanan milik kesatuan yang berada dibawah kendali Kodam III/Siliwangi hari ini Rabu (05/10) berdefile di sepanjang Jl RE Martadinata Purwakarta. Defile pasukan dan kendaraan tempur yang sejak Senin (3/10) dipamerkan di Lapang Sahate Jl KK Singawinata ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Peringatan HUT TNI ke 71 tingkat Kodam III/Siliwangi Jawa Barat dan Banten yang dipusatkan di Purwakarta.

Berdasarkan pantauan, defile yang dilaksanakan setelah upacara di Taman Pesanggrahan Padjadjaran ini diikuti oleh POM TNI, Kopassus, Yon Armed Kostrad, Marinir, Paskhas, Yonif 300, Yonif 315, Brigif 15 KJ II, Yonif 310, Yonif 312, Yonkav 4 / Tank, Yon Armed 5, Yonarhanudse 14. Turut pula berpartisipasi satuan Brimob Polri, Damkar dan Satpol PP Purwakarta, Dalmas dan Satuan Bela Negara Kabupaten Purwakarta.

Partisipasi satuan Tentara Nasional Indonesia di Purwakarta ini bukan kali ini saja. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku rutin mengundang seluruh satuan pada Korps TNI ini pada setiap peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Langkah ini sengaja dilakukan oleh pria yang juga merupakan anak dari pensiunan tentara kader ini untuk menumbuhkan jiwa keprajuritan dan nasionalisme kepada generasi muda.

“Kita kan rutin, bukan soal memeriahkan saja, tetapi kami mencoba menumbuhkan semangat nasionalisme dan jiwa keprajuritan dalam benak generasi muda”. Kata Dedi saat ditemui di sela acara defile.

Kasdam III/Siliwangi Brigjend Wuryanto pun mengapresiasi langkah Bupati Purwakarta ini. Inspektur Upacara pada peringatan HUT TNI Ke 71 tingkat Kodam III/Siliwangi ini pun terlihat antusias menyaksikan masyarakat Jawa Barat khususnya Purwakarta dapat berbaur bersama TNI. Menurut dia, Bupati Purwakarta berhasil membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Pertama saya apresiasi Pak Bupati Purwakarta yang telah berhasil menjadi komandan rakyat pada peringatan HUT TNI kali ini. Kedua, saya kira beliau juga berhasil membangun kemanunggalan TNI dan rakyat. Pembangunan di Purwakarta juga sukses karena itu”. Kata Jenderal bintang satu ini.

Selain mengundang antusiasme masyarakat, acara ini pun mendapat perhatian khusus dari pelajar Purwakarta dan sekitarnya bahkan mereka menaiki kendaraan Alutsista dalam defile yang berakhir sekitar pukul 10.00 WIB tersebut. (*)