28 Apr 19:13

Festival Budaya se-Asia Pasifik Meriahkan Puncak Acara Hari Jadi Purwakarta

Festival Budaya se-Asia Pasifik Sabtu malam (30/8/2014) yang digelar oleh Pemkab Purwakarta berlangsung meriah. Sebelas Negara se-Asia Pasifik seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Myanmar dan Indonesia ikut serta memeriahkan Festival Budaya Asia Pasifik 2014. Acara ini sekaligus merupakan puncak hari jadi Kabupaten Purwakarta ke-46 dan Purwakarta ke-183.

Festival budaya Asia Pasifik ini merupakan gelaran yang keempat kalinya digelar secara beruntun, kali ini di ikuti 11 negara. Selain peserta dari negara asia pasifik, karnaval juga dimeriahkan seni budaya dari 10 provinsi di Indonesia dan 10 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Acara dipusatkan di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Pasar Jumaah, menuju Gedung Kembar Jl. KK. Singawinata, Purwakarta. Empat kereta kencana milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta nampak diarak dalam karnaval. Tak lupa, puluhan pasukan berkuda dan gerobak sapi.

Selain itu, ribuan warga yang ingin menyaksikan festival ini juga, menambah semarak hingga menjadikan lautan manusia di sepanjang jalan yang dilalui peserta festival. Tak ayal, pagar pembatas dan aparat keamanan tak bisa berbuat banyak saking membludaknya pengunjung. Namun begitu, sejak awal start hingga finish, festival berjalan lancar dan meriah.

Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH kepada para wartawan menjelaskan pentingnya memanfaatkan moment festival ini bagi Purwakarta. Yaitu memaksimalkan waktu yang ada hingga malam Minggu ini untuk memperkenalkan kota tercintanya dikenal oleh rombongan peserta festival dari luar negeri.

“kita harus bangga dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita bangsa yang kaya budaya, kaya alam, orang-orangnya ramah-ramah,” jelas Dedi.

Lanjut Dedi, “bangsa kita yang dianggap terpuruk dari berbagai bidang, bisa kita bangkitkan dengan kebudayaannya. karena menurutnya dengan budaya, sebenarnya kita setara dengan bangsa lain sehingga Purwakarta untuk kedepan bisa menjadi percontohan kabupaten lainnya yang ada diprovisi jawa barat maupun sekala nasional.”

Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Purwakarta maupun elemen lainnya yang ikut serta mendukung pada acara karnaval, ini merupakan sejarah untuk Purwakarta menjadi perubahan yang sangat maju sehingga Purwakarta menjadi istimewa, kata Dedi Sabtu malam (30/8/2014).

Semarak malam puncak Acara puncak Festival Budaya Asia Pasifik sekaligus puncak kegiatan HUT Purwakarta tahun 2014 berlangsung hingga pukul 02.30 Minggu dini hari(31/8/2014).

Sementara beberapa hari sebelumnya para peserta Festival Budaya Asia Pasific 2014 telah melaksanakan City Tour bersama Bupati Purwakarta dan muspida lainnya, berkeliling kota Purwakarta dengan menggunakan sepeda ontel pada hari Kamis (28/8/2014) lalu.

Kegiatan sepeda santai sendiri, diikuti oleh negara – negara peserta diantaranya yaitu Philipina, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Cina, termasuk Indonesia. Para peserta pun menjadi perhatian masyarakat pengguna jalan.

Selain bersepeda mengelilingi Kota Purwakarta, para peserta pun diajak mengunjungi kawasan wisata di Purwakarta, diantaranya Plered untuk melihat kerajinan keramik serta menikmati wisata alam Situ Wanayasa. (MN/LA)

Tag