26 Sep 19:58

Kemendagri Keluarkan Edaran Pengganti KTP-el, Disdukcapil Purwakarta : Kita Sudah Lama Berlakukan Itu.

Ketersediaan blanko KTP Elektronik menjadi kendala tersendiri bagi efektifitas pelayanan administrasi kependudukan di seluruh daerah tak terkecuali Purwakarta. Selama ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purwakarta dan seluruh daerah di Indonesia menerima blanko tersebut secara langsung dari Kementerian Dalam Negeri dan tidak diperbolehkan untuk mencetak sendiri.

Menyiasati kekurangan blanko KTP-el, pihak Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran Nomor 471.13/10231/Dukcapil Perihal Format Surat Keterangan Pengganti KTP-el. Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh per tanggal 29 September 2016 tersebut disebutkan bahwa Surat Keterangan Pengganti KTP-el dapat dipergunakan untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Pilkades, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan dan kebutuhan lainnya.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil dalam surat edaran tersebut pun menegaskan blanko KTP-el diperkirakan baru akan tersedia kembali pada bulan November 2016 setelah revisi anggaran DIPA Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Menanggapi Surat Edaran ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta melalui Sekretaris Dinas Suherman Wilman mengatakan sebelum surat tersebut dikeluarkan oleh Ditjen terkait, pihaknya di Purwakarta telah lama menjalankan kebijakan tersebut. Surat Keterangan Pengganti KTP-el menurut dia merupakan buntut dari kekosongan blanko KTP-el.

“Kita mah sudah lama mengambil langkah itu, boleh di cek saja, akibat blanko nya kosong banyak warga Purwakarta yang belum menerima KTP-el meski sudah dilakukan perekaman data sejak jauh-jauh hari”. Kata Wilman.

Wilman pun sempat menyebut, untuk Purwakarta ada sekitar 24.600 KTP-el yang menjadi tanggungan Pemerintah Pusat belum diserahkan kepada warga yang berhak menerimanya. Meski begitu, pihaknya menjamin pelayanan reguler di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Purwakarta terus berlangsung secara berkesinambungan.

“Jumlah yang saya sebut tadi itu tanggungan pusat, belum selesai sampai hari ini. Oleh sebab itu setiap hari rata-rata kami keluarkan 500 Surat Keterangan Pengganti KTP-el, pelayanan terus berlangsung kok, jadi masyarakat tidak perlu khawatir”. Pungkas Wilman. (*)