23 Aug 17:08

Parade 999 Bedug di Purwakarta Diikuti oleh Para Tokoh Lintas Agama

Parade 999 Bedug di Purwakarta malam ini Selasa (5/7) berlangsung meriah dalam suasana meriah berbalut nuansa toleransi yang kental. Pasalnya acara tahunan yang rutin digelar oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta ini bukan hanya dihadiri oleh umat Islam yang menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri tetapi Para Tokoh Lintas Agama pun turut ikut berpartisipasi. 

Pendeta Evorigulo mendapat giliran untuk menabuh bedug tanda dimulai acara parade ini. Kontan tabuhan Pendeta dari Gereja Isa Al Masih Purwakarta tersebut disambut oleh alunan Takbir dari Kiai Jhon Dien selaku Ketua Satgas Toleransi Purwakarta bentukan Kabupaten yang rencananya akan mendapatkan perhargaan dari Dewan HAM PBB sebagai daerah paling toleran di Indonesia ini. Saat dikonfirmasi oleh Humas Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Evorugilo mengatakan dirinya berterima kasih kepada pemerintah daerah karena telah mengundang para tokoh lintas agama untuk hadir dalam parade bedug ini. Dia berujar inilah cermin toleransi sejati sebagai wajah Indonesia yang sesungguhnya. “Saya terima kasih sekali telah diundang. Ini acara sangat meriah, sangat positif untuk memupuk dan memelihara nilai toleransi antar umat beragama”. Jelas Pria berusia 54 tahun ini.

I Wayan Kandi selaku Tokoh Agama Hindu Purwakarta pun mengamini paparan Pendeta Evorigulo. Dirinya mengaku merasakan betul rasa saling menghormati antar umat beragama dalam momen parade bedug ini. “Ini penting untuk ditiru di seluruh nusantara agar rasa saling menghormati antar pemeluk agama terjaga dengan baik”. Ujarnya singkat.

Sementara itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat dikonfirmasi di tempat yang sama mengatakan bahwa takbir keliling merupakan tradisi kebudayaan masyarakat Indonesia saat menyambut hari raya Idul Fitri. Sebagai tradisi, masih menurut Dedi, sudah sepatutnya takbir keliling ini dipertahankan dan dijadikan alat kampanye toleransi antar umat. “Ini budaya masyarakat kita saat menyambut lebaran, sayapnya harus dilebarkan bukan sekedar untuk umat Islam, di Purwakarta para tokoh lintas agama pun ikut takbiran. Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah mengikuti kegiatan ini secara tertib, juga kepada aparat TNI/POLRI, Satpol PP dan Linmas yang turut mengamankan acara”. Jelas Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini.

Acara ini pun turut mengundang apresiasi dari masyarakat, Roni (45) warga Purwakarta Purwakarta asal Sadang yang lama tinggal di perantauan mengungkapkan decak kagum saat turut bergabung dalam iring-iringan parade bedug. Dirinya berujar bahwa malam takbiran di Purwakarta sarat nuansa kebersamaan. “Ini luar biasa Kang, semua umat beragama ikut terlibat, saya tertarik kesenian barongsay dari kelenteng itu”. Pungkas Roni singkat.

Iring-iringan Parade 999 Bedug ini berakhir di Lapang Sahate area Tjeplak Gedung Kembar sebelum akhirnya seluruh peserta membubarkan diri dengan tertib (*)

Tag