26 Sep 19:55

Peringatan Hari Bumi,Kampung Cikawung Deklarasikan Kampung Peduli Sampah

Kampung Cikawung  Desa Taringgul Tengah Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, bisa jadi kampung yang pertama kali mendeklarasikan diri sebagai kampung peduli sampah di Kabupaten Purwakarta. Pasalnya para warga memanfaatkan barang bekas dijadikan produk yang memiliki nilai guna bahkan menjadi hiasan disetiap halaman rumah. Jumat (22/4). Purwakarta.

bahkan menariknya kampung ini dinding disepanjang gang menuju pintu masuk dijadikan sebuah galeri seni dimana sampah barang bekas dikreasikan menjadi lebih menarik.

Menurut Kepala Desa Taringgul Tengah, hal itu dilakukan atas dasar inisiatif warga serta mahasiswa asal purwakarta.

"Ini inisiatif warga jadi kita ingin kampung yang berada ditaringgul tengah bisa lebih menarik karena dari barang bekaspun memiliki nilai seni tinggi.", ujarnya.

Bahkan Ade pun menambahkan bahwa di desanya selain pot yang dari barang bekas,juga dibangun bank sampah yang dimana sampah dipilah serta dimanfaatkan dengan baik.

"Kita memiliki bank sampah dimana warga bisa menjualnya dengan harga 1000/Kg, ini sudah berjalan beberapa bulan yang lalu.",pungkasnya

80 rumah di satu RT itu memiliki pekarangan yang asri karena berbagai macam tanaman dengan pot dari sampah plastik yang tak terpakai.

Sedangkan menurut salah seorang warga Hikmat (45) selain sampah daur ulang  sampah organik pun dimanfaatkan. Sebagai pupuk organik,untuk tanaman yang ditanam di halaman rumah

"Di pekarangan rumah kami sejak enam bulan lalu sudah menanam tanaman sayuran sehingga setiap pekarangan rumah jadi terlihat asri dan pupuknya dari pemanfaatan sampah organik," ujar Hikmat (45).

Tujuannya dideklarasikan kampung peduli sampah,selain untuk membangun kampung lebih bersih juga meningkatkan kreatifitas sedangkan dipilihnya tanggal 22 April Ini, Ade mengungkapkan bertepatan dengan peringatan hari bumi.

Sedangkan menurut Ketua Tim Penggerak PKK Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika,mengungkapkan apresiasinya,menurutnya bentuk program atau kebijakan yang bersifat untuk lingkungan akan didukung.

"Kita apresiasi dan kita dukung,bisa jadi daerah ini akan dijadikan  pilot project di desa - desa di Purwakarta,selain di beberapa titik,menjadi percontohan dan bisa dicontoh oleh yang lainnya.", tuturnya.