26 Sep 19:56

PLN Distribusi Jabar Obati Kemurkaan Bupati Purwakarta

Kendala Program Elektrifikasi 100% Kabupaten Purwakarta nampaknya akan segera teratasi. Pasalnya, persyaratan calon penerima bantuan listrik gratis yang harus memiliki Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) kini sudah dihapuskan. PT PLN (Persero) hanya mensyaratkan rekomendasi Bupati untuk permohonan pemasangan listrik rumah tangga miskin tersebut.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat ditemui di rumah salah seorang warga penerima bantuan listrik gratis Hari ini Jum’at (2/9) di Kampung Salem Desa Wanakerta mengatakan sudah menjadi kewajaran jika masyarakat miskin Purwakarta mendapat prioritas jaringan listrik. Hal ini karena Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata yang notabene penghasil listrik terletak di Kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat ini.

Bupati yang sempat marah karena ada syarat harus melampirkan Kartu Indonesia Sejahtera dalam permohonan pemasangan listrik gratis ini pun mencontohkan 4600 warga Sukasari yang menjadi korban dari pembangunan Waduk Jatiluhur bahkan selama 50 tahun terakhir sama sekali belum mendapatkan akses energi listrik.

“Sisa 4600 rumah yang belum mendapatkan pasokan listrik itu ada di wilayah Sukasari. Kami pastikan mereka mendapat pasokan listrik karena surat dari PLN hanya mensyaratkan rekomendasi. Kemarin lusa sudah saya tanda tangan. Butuh Rp9,2 Milyar untuk selesaikan itu”. Kata Dedi menjelaskan.

Dedi pun turut memberikan solusi bagi warga miskin yang belum tercover oleh dana tersebut. Pihaknya sudah menyiapkan dana cadangan pada APBD-P Purwakarta tahun ini. Sehingga dapat dipastikan Program Elektrifikasi di Purwakarta selesai pada akhir Tahun 2016.

“Misalnya ada warga yang baru membangun rumah, kami siasati dengan Bantuan Keuangan Desa sebesar Rp3 Milyar untuk mengcover itu. Contohnya rumah ini”. Kata Dedi sambil berbincang dengan warga Wanakerta.