27 Jul 01:41

Sekolah Manajer Purwakarta Sukses Cetak Manajer di Berbagai Perusahaan

Sejak Tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggulirkan Program Beasiswa Calon Manajer. Program ini terselenggara atas kerjasama pemerintah daerah dengan Politeknik Engineering Indorama Jatiluhur Purwakarta. Saat ini, Mahasiswa yang mengikuti program tersebut telah berhasil mendapatkan jabatan di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar Purwakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Purwakarta saat ditemui di rumah dinasnya Jl Gandanegara No 25 kompleks pendopo Purwakarta.. Bupati yang selalu tampil nyentrik dengan pakaian khas Sunda tersebut mengatakan prorgam ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki skill dan kemampuan yang memadai saat bersaing di dunia industri.

“Rata-rata sekarang mereka sudah bekerja dengan posisi yang baik di perusahannya. Karena mereka punya skill yang cukup sehingga masuk ke perusahaan tidak hanya menjadi kuli atau penjaga keamanan. Tetapi mereka memegang posisi strategis”. Jelas Dedi.

Setiap tahunnya menurut Dedi, terdapat beasiswa untuk 50 orang mahasiswa baru dengan total anggaran Rp1 Milyar. Tahun 2018 mendatang pemerintah daerah menargetkan agar ada subsidi silang untuk membiayai angkatan baru.

“Ke depan ini harus subsidi silang. Alumni harus membiayai adik-adiknya yang menjadi mahasiswa baru. Skema ini akan kita coba di Tahun 2018, jadi sistemnya adik asuh”. Ungkap Dedi.

Program yang sudah berjalan hampir tiga tahun ini sudah mencetak para karyawan berkualitas yang berhasil diserap sektor industri mulai dari industri minyak dan gas hingga industri berat. Bahkan beberapa diantara mereka direkrut oleh perusahaan tersebut meski masih menjalani studi di Politeknik Engineering Indorama. (*)