23 Aug 17:13

Sungai Cidomas, "The Blue River" of Purwakarta

Sungai jeram dengan aliran deras di Kampung Garokgek Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes telah menjadi wana wisata desa warga dan pengunjung lokal.

Sungai Cidomas sendiri berada di perbatasan Purwakarta Subang. Di pedalaman kampung dan perkebunan teh serta pala menambah asri jalur menuju sungai. Airnya hijau kebiruan nan deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Pohon bambu di tepian sungai pun menambah sejuk dan segarnya air sungai.

Sungai Cidomas “Blue River” di Purwakarta. Sungai cidomas terletak di desa Garokgek, Kecamatan Kiara Pedes, Purwakarta. Sekitar 4 KM dari Situ Wanayasa dengan mengambil jalan ke arah subang. Nampak birunya warna air Cidomas sebagai akibat pantulan dari sinar matahari dan dari jernihnya air dan kedalaman sungai tersebut. Selain itu terdapat juga aliran air terjun kecil dan tebing batu yang luar biasa membentuk relief hasil pahatan alam yang luar biasa indah

Sungai Cidomas baru benar-benar ramai dikunjungi setelah anak muda yang sempat camping mengunggah foto-foto jernihnya air Cidomas ke media sosial. Seketika pula ramai menjadi perbincangan dan mulai didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk memasuki kawasan wana wisata Cidomas pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja untuk parkir kendaraan biasanya pengunjung harus membyar biaya penitipan.

Untuk sampai ke wana wisata Cidomas bagi pengunjung dari Wanayasa terus menuju Kecamatan Kiarapedes, melewati ICG (Islamic Center Garokgek), tepat dipertigaan sebelum perbatasan belok ke kiri dan mengikuti jalan desa, ada petunjuk arah untuk sampai ke Sungai Cidomas. Sementara bila dari arah Subang setelah tugu perbatasan ada pertigaan belok ke kanan dan mengikuti jalur jalan desa.