25 Sep 20:25

Wanayasa, Salah Satu Bukti Keindahan Alam Purwakarta

Wanayasa adalah sebuah kecamatan di Purwakarta yang memiliki potensi keindahan alam yang sangat besar bahkan sebagian besar situs pariwisata yang ada Purwakarta terdapat di Wanayasa. Kecamatan Wanayasa terletak 23 kilometer arah utara dari pusat kota Purwakata namun karena baiknya infrastruktur jalan jarak 23 kilometer tersebut dapat ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

Di Wanayasa terdapat berbagai tujuan pariwisata, salah satunya yang menjadi tujuan utama adalah Situ Wanayasa. Situ Wanayasa dikenal karena keindahan panoramanya karena situ ini terletak di area gunung Burangrang. Berada pada ketinggian 600 meter diatas permukaan Laut. Situ yang memiliki luas sekitar 7 Hal terbentuk secara alami dengan mata air langsung dari Gunung Burangrang. Tepat berada di tengah Situ Wanaya terdapat daratan kecil yang menyerupai sebuah pulau yang dapat kita jelajahi. Dahulu kala terdapat 4 dataran didalam situ Wanayasa, namun kini tersisa hanya satu bukit bernama Penclut Pasir Mantri. Ditengah-tengah bukit Pasir Mantri ini terdapat sebuah makam dan petilasan dari RA. Suriawinata yang merupakan salah seorang pendiri kota Purwakarta dan menjadi Bupati Karawang ke-9 yang telah wafat pada tahun 1827.

Setelah puas menjelajahi Situ Wanayasa, Anda dan keluarga tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena disekeliling Situ Wanayasa terdapat berbagai macam restoran saung khas Sunda yang menjajakan masakan khas Purwakarta. Setelah Situ Wanayasa anda dapat melanjutkan perjalanan Anda menuju Resort Giri Tirta Kahuripan.

Resort Giri Tirta Kahuripan menawarkan banyak sekali pilihan untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Mulai dari wahana sepeda air, ATV, Lapangan futsal Outdoor,seluncur air, Sky Pool, Mini Zoo dan Agrowisata. Dua fasilitas utama yang diandalkan oleh Giri Tirta Kahuripan Adalah Sky Pool dan Agrowisata. Sky pool merupakan sebuah kolam renang dengan latar pemandangan pegunungan dan langit luas nan biru, kolam renang ini memberikan kita sensasi berenang di atas langit dan awan. Fasilitas kolam renang ini juga sudah menyediakan gazibu-gazibu di pinggir kolam renang bagi anda dan keluarga beristirahat. Selain Sky Pool fasilitas andalan yang bisa di nikmati oleh anda dan keluarga adalah Agrowisata, berkeliling perkebunan buah manggis dan buah naga dengan menaiki mobil senyum. Mobil senyum merupakan kendaraan wara-wiri yang disediakan pengelola bagi anda dan keluarga yang tidak ingin kelelahan untuk mengelilingi dan menikmati pemandangan alam di Giri Tirta Kahuripan.

Jika anda dan keluarga ingin bercengkrama dengan hewan-hewan yang lucu, anda dapat mengunjungi fasilitas Mini Zoo. Binatang-binatang yang ada dalam kebun binatang mini ini antara lain adalah Burung Kakak Tua, Monyet, Siamang, Buaya muara, dan yang paling istimewa adalah ikan besar dari sungai Amazon, yaitu ikan Arapaima. Tempat ini juga menyediakan penginapan-penginapan dengan berbagai tipe kamar, mulai dari villa, cottage dan wooden house. Selain itu juga disediakan 2 buah barak yang masing-masing berkapasitas 60 orang selain menikmati pemandangan alam yang sangat indah Resort Giri Tirta Kahuripan memberikan begitu banyak pilihan lainnya bagi anda sekeluarga yang ingin berwisata disana. Hal ini menjadikan Giri Tirta Kahuripan dan Situ Wanayasa merupakan salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi oleh anda dan keluarga yang akan berwisata di Kota Purwakarta.

Tag