Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta berencana meningkatkan potensi pengembangan sampah daur ulang di Purwakarta. Terlebih sudah adanya bank sampah daur ulang dibeberapa wilayah di Purwakarta yang dikelola oleh masyarakat.

"Salah satu cara untuk mengurangi sampah, kita maksimalkan potensi kelompok masyarakat yang kreatif dalam memanfaatkan sampah daur ulang," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purwakarta, Deden Guntara ketika ditemui di Purwakarta. Kamis (20/6/2019).

Deden pun mencontohkan salah satu pemanfaatan sampah daur ulang yang dikelola masyarakat yang sudah berjalan salah satunya di Griya Asri. Mereka mengumpulkan sampah plastik untuk dijadikan hiasan diantaranya vas bunga, pot bunga dan barang lainnya.

Sehingga pihaknya memungkinkan untuk memfasilitasi hingga membuat pelatihan kedepannya, terutama membantu dalam mendapatkan bahan baku hingga pemasaran.

"Insya Allah tahun depan kita mulai kembangkan, dari bahan baku hingga bantu memasarkan produk - produk kreatif tersebut, kita berenca mengumpulkan kelompok bank sampah," ujarnya.

Salah satu yang hari ini terus dilakukan pihak DLH, adalah terus memupuk kesadaran masyarakat terutama dalam memilah sampah ketika dibuang, apalagi sampah plastik yang sulit diurai.

"Kita juga minta masyarakat untuk memisahkan sampah organik atau non organik, terutama sampah plastik yang tidak bisa diurai salah satu cara menurunkannya dengan didaur ulang," kata Deden. (*)