Purwakarta, Bawaslu Kabupaten Purwakarta lakukan audiensi dengan Penjabat Bupati Purwakarta Muhammad Taufik Budi Santoso yang di dampingi oleh Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten Purwakarta Irsyad Nasution di Bale Nagri, komplek Pemda Purwakarta, kamis siang. 

Dalam pertemuan kali ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antara Bawaslu yang baru dilantik pada 5 agustus 2018 lalu dengan penjabat daerah Kabupaten Purwakara. Selain itu, pertemuan ini juga membahas perihal yang berkaitan dengan proses pengawasan Pileg dan Pilpres mendatang. 

“Kemaren banyak hal yang sudah kita lakukan sehingga perlu ada apresiasi dari pemda purwakarta yang diajukan adalah pertama gedung, anggaran tahun 2019 berkaitan dengan proses pengawasn dengan pileg dan pilpres, karena yang kemaren hanya untuk pilkada saja pileg dan pilpres belum diajukan, mobilisasi karena ada proses penambahan dari anggota yang 3 menjadi 5 sehingga itu juga bisa di komunikasikan, hal inilah yang penting bagi kita yang perlu dikomunikasikan terkait fasilitasi yang ada di pemda, karna mau tidak mau pemda harus berpartisipasi karna itu juga merupakan bagian dari undang – undang,” Ungkap Ujang Abidin ketua Bawaslu Purwakarta terpilih.

Ujang Abidin pun mengatakan Bawaslu saat ini memilki peran dan fungsi yang hampir sama dengan KPK. 

“Disamping melakukan pengawasan juga penindakan itulah tugas fungsi panwas dan penindakan itu adalah tugas pokok panwas di penindakan juga disitu bisa dibedakan yang pertama itu ada yang berkaitan dengan administratif itu diselesaikan oleh bawaslu, pelanggaran kode etik,pelanggaran pidana. Pelanggaran pidana ini melibatkan 3 unsur ada bawaslu, kejaksaan, kepolisian. Bedanya panwas kemaren itu bahwa pihak kepolisian yang masuk dalam unsur gakumdu itu masih pokja sehingga ketika ada kasus pidana itu  diundang oleh panwas datang 1 x 24 jam sementara sekarang itu mereka sudah menetap di bawaslu sehingga posisi pns di kepolisian maupun di kejaksaan sudah di BKO kan ke bawaslu fasilitas inilah yang kemudian kita harus juga maksimalkan bawaslu.” Ujarnya, selepas audiensi.

Selain itu ketua Bawaslu Purwakarta ini pun memaparkan respon pemda purwakarta atas kedatangannya sangatlah baik, dan semua yang di ajukan akan di fasilitasi dan dikomunikasikan.