Meningkatnya potensi pariwisata di Kabupaten Purwakarta, nampaknya belum dirasakan cukup oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne ini, memiliki strategi khusus dalam peningkatan sektor pariwisata di Purwakarta. Apalagi Purwakarta memiliki 40 lebih potensi di sektor pariwisata.

"Yang sudah terdaftar lebih dari 40 potensi pariwisata, dan sektor ini akan kita terus gali potensinya sebagai sektor unggulan," ujar Anne di sela pertemuan dengan pengelola pariwisata se Purwakarta. Di Aula Janaka Kabupaten Purwakarta. Kamis (1/11/2018).

Potensi Pariwisata yang akan terus digenjot adalah wisata kuliner serta wisata alam. Akan tetapi kedepan dirinya memiliki startegi khusus dalam peningkatan kepariwisataan di Purwakarta diantaranya dengan mensinergikan seniman dan pengelola pariwisata.

"Kita akan adakan pertemuan rutin dengan pengelola wisata, perhotelan, dan seniman untuk membahas pariwisata Purwakarta, semacam evaluasi lah mudah - mudahan bisa meningkatkan wisatawan dengan konsep kekinian," ujar Anne.

Konsep peningkatan kunjungan wisatawan adalah salah satu fokus utama, Perlu adanya peningkatan aspek pendukung pariwisata agar wisatawan betah di Purwakarta. Seperti Infrastruktur, Jalan termasuk akomodasi.

"Kita inginkan wisatawannya bisa menginap dan berlama - lama di Purwakarta. Kita sudah bicara dengan beberapa travel baik Purwakarta maupun diluar Purwakarta, agar dimasukan dalam paket wisata 1-2 hari." ujar dia.

Selain itu peningkatan promosi kepariwisataan salah satu strategi yang akan terus dikembangkan, apalagi potensi kunjungan wisatawan setiap akhir pekan lebih dari 50 ribu wisman. Akan tetapi menurut Anne kebanyakan untuk menyaksikan air mancur, padahal menurutnya tempat wisata di Purwakarta cukup banyak.

"Promosi wisata, mungkin mereka belum tau ada wisata lain di Purwakarta, jadi harus di terus di promosikan," ungkap Anne.

untuk mendorong hal tersebut dirinya akan mendorong industri kreatif, beberapa pelatihan kerjasama pariwisata dan lainnya, membangun galeri menong dibeberapa tempat untuk mendukung seluruh produk industri kreatif karya anak-anak Purwakarta. 

"Membangun industri kreatif termasuk kreatifitas milenial di Purwakarta, bila perlu pengelola pariwisata berkolaborasi dengan seniman di Purwakarta. Termasuk galeri menong akan kita perbanyak," tuturnya.

Bahkan Anne akan mendorong sekolah menjadi salah satu pendukung kepariwisataan, dengan menyiapkan sekolah dibeberapa kecamatan di Purwakarta yang memiliki potensi pariwisata, dengan sekolah seni diantaranya memasukan kesenian, seni tari dan pencak silat dimasukan pengajaran di sekolah tersebut.

"Kesenian, Seni tari, pencak silat, akan dimasukan ke beberapa sekolah yang akan menjadi unggulan untuk dijadikan sekolah seni."

Hal tersebut diamini oleh Kepala Bidang Pariwisata Dispora Purwakarta, apalagi pihaknya ditargetkan sampai 4 juta kunjungan wisatawan.

"Kita akan terus genjot apalagi kita ditargetkan hingga 4 juta kunjungan, dengan ratusan tempat wisata di Purwakarta mudah - mudahan target bisa dipenuhi," ungkap Heri. (*)