Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika siap mengerahkan ribuan relawan untuk menanggulangi potensi bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan akibat musim kemarau berkepanjangan dampak dari fenomena alam elnino. Kesiapan pengerahan para relawan itu ditunjukan melalui Apel Besar Desa Tangguh Bencana Antisipasi Bencana Alam Dan Karhutla pada Juni 2023 lalu.

Masih dalam rangka antisipasi dan kesiapan menghadapi fenomena alam itu, hari ini Rabu 23 Agustus 2023, mewakili Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Sekda Purwakarta Norman Nugraha mengikuti agenda penanaman pohon serentak bersama Kapolri (secara virtual) di Tanggul Ubrug, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur.

Dalam keterangannya, Norman Nugraha mengatakan, kegiatan ini diikuti secara serentak se-Indonesia yang bertujuan untuk kelestarian negeri Indonesia yang dulu terkenal dengan kelestarian alamnya sebagai paru-paru dunia dan menyikapi cuaca ekstrem badai elnino yang sangat panas, agar dapat menjaga kelestarian alam.

"Program ini mengusung tema; Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, yang menjadi pemicu untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat mencintai lingkungan. Serta sebagai bagian dari tanggung jawab kepada masyarakat, lingkungan dan alam," kata Norman.

Menurutnya, ada beberapa jenis pohon yang ditanam diantaranya mahoni, bungur, buah-buahan menjadi suatu hal yang baik bagi lingkungan. Karena kepedulian yang paling utamanya adalah selalu peka terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi di sekitar.

"Dengan kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat menopang keberlangsungan lingkungan khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta," kata Norman.

Dalam agenda tersenut, tampak hadir unsur Forkopimda, Kapolsek, Camat Jatiluhur, Bhayangkari, PJT II, sejumlah perusahaan swasta, Kades dan Karang Taruna setempat.(Diskominfo Purwakarta)