Pemkab Purwakarta mengerahkan 7.190 Anggota Linmas untuk membantu suksesnya Pemilu 17 April 2019. Linmas tersebut sedianya akan dibagi dalam dua tugas yang berbeda, yaitu Pengamanan Langsung dan pengamanan wilayah yang bertugas diseluruh TPS di Purwakarta.

"Ada dua tugasnya yaitu berjaga di dalam TPS dan di luar TPS, " ujar Kasi Bina Potensi Masyarakat Bidang Linmas Pol Pp, H. Meman Sulaeman, di Purwakarta. Selasa (16/4/2019). 

Menurutnya 5.270 anggota Linmas yang  berjaga di dalam TPS diseluruh Purwakarta, sedangkan 1.920 bertugas diluar TPS atau disebut dengan Pengamanan Luar Wilayah TPS.

"Yang bertugas sudah diberikan mekanismenya seperti apa, karena mereka akan bersinergi dan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tempat para linmas bertugas," tambahnya.

Dikerahkannya anggota Linmas, lanjut Meman adalah sebagai bantuan untuk mengamankan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban dalam kegiatan pemilu.

"Bentuknya bantuan saja, karena kan kita juga ingin pemilu ini nyaman,damai, aman dan tertib," tambahnya.

Meman pun mengungkapkan bahwa anggota linmas juga bisa jadi berinisiatif berkeliling kerumah warga untuk mengajak segera ke TPS, hal itu menurutnya lebih baik sebagai bentuk pro aktif.

"Memang tidak ada tugas khusus, tapi kalau berinisiatif mengajak warga untuk mencoblos dan tidak golput itu sah - sah saja, karena secara komunikasi kan mereka sudah tahu dan sebagai bentuk pro aktif," ungkapnya.

Dari 7.190 anggota linmas yang bertugas, setiap TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas dan 4 orang yang menjaga diluar, sedangkan untuk wilayah di Kabupaten Purwakarta, Meman mengatakan wilayah kecamatan Purwakarta dan wilayah yang dekat ke kota salah satu wilayah yang banyak Linmas dikerahkan untuk membantu sesuai domisili. (*)