Guna mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang berkualitas, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purwakarta gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) demi mensukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Menurut Kepala DPPKB Nurhidayat meningkatkan sinergitas, komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam pemerataan pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK guna meningkatkan keluarga yang berkualitas. 

"Rakerda ini bukan hanya hadir, duduk, langsung bubar tetapi ini rutinitas bertujuan untuk membangun suatu konsepsi, daya gerak serta menghasilkan keputusan yang pasti." Kata Nurhidayat disampaikan saat Rakerda di Bale Sawala Yudhistira, Selasa (30/4/2019).

Sedangkan menurut Wakil Bupati Aming menyampaikan sebagaimana dalam tema Rakerda yang berfokus pada tingkat kependudukan, dapat diimplementasikan pada program kampung KB yang merupakan wadah dan bentuk miniatur pelaksanaan program KKBPK, serta salah satu strategi pengentasan kemiskinan. 

“Kampung KB yang telah dibentuk di Kabupaten Purwakarta sejumlah 33 (tiga puluh tiga) merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat dengan mengaktualisaikan 8 fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera” Ujar Aming.

Dalam penyelenggaraan Rakerda ini, dan program KKBPK di pandang sangat strategis. Hal ini merupakan terkandung pada visi dan misi Purwakarta yaitu meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Serta kebijakan-kebijakan pada program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga sekaligus sebagai wahana dalam membangun komitmen dalam penggarapan program KKBPK sehingga program ini dapat memberikan kontribusi terhadap upaya kita dalam membangun kualitas hidup yang lebih baik di masa depan sebagaimana yang dicita-citakan Bersama.” Ungkap Aming.

Dan untuk mewujudkan serta mensukseskan program ini Aming pun menegaskan untuk lebih meningkatkan sinergi antar sektor terkait, membangun bersama-sama guna mempercepat perubahan sikap masyarakat Purwakarta lebih maju kearah yang lebih baik lagi. (*)