Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meninjau saluran air di sekitaran jalan Wanayasa - Purwakarta. Di Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta. Jumat (6/9).


Pengecekan tersebut bagian dari antisipasi peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, apalagi dalam pantauannya banyak sekali sampah dari mulai sampah sisa daun mengering hingga sampah plastik banyak berserakan.


Raut wajahnya nampak ada sedikit kekecewaan terlebih sepanjang jalan yang ditinjaunya terdapat banyak sekali sampah, bahkan jalan penghubung gorong - gorong nampak penuh oleh keberadaan sampah tersebut. Bahkan sesekali Camat mendapat teguran dengan kondisi yang dilihatnya.


"Ini bagian dari antisipasi, apalagi Pondoksalam ini jalur pertengahan pertemuan antara hulu dan hilir," kata Anne di lokasi.


Apalagi gorong - gorong ini, saluran airnya menuju langsung aliran sungai Cihideung, sehingga perlu antisipasi sebelum musim hujan, apalagi di sekitaran Wanayasa dan Kiarapedes merupakan wilayah hulu sudah beberapa kali hujan.


"Kalau tidak diantisipasi ini nanti sampah terbawa ke sungai cihideung, yang ada sampah akan menumpuk. Meminta pihak terkait untuk membersihkan," tegasnya.


Sedangkan terkait antisipasi bencana, apalagi Kecamatan Pondoksalam merupakan salah satu wilayah rawan bencana longsor, pihaknya lakukan antisipasi termasuk menerjunkan tim DPKPB Purwakarta untuk turun melakukan sosialisasi.


"Kita turunkan tim DPKPB nanti mereka sosialisasikan bagian antisipasi, selain itu masyarakat juga harus senantiasa waspada, terutama di wilayah rawan bencana," kata Anne. (*)