Hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS akan diumumkan pada akhir Maret 2020. Sebelumnya, tes tersebut telah dilaksanakan di Convention Hall Telkom University, Kabupaten Bandung pada awal Januari lalu.

Meski hasil tes SKD masing – masing peserta sudah mengetahui. Namun, pengumuman secara resmi hasil tes SKD baru akan dilaksanakan kisaran akhir Maret 2020, online secara nasional.

Demikian disampaikan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Ai Saidah, belum lama ini. Menurutnya, pengumuman menunggu seluruh kabupaten/kota selesai mengirim data SKD ke BKN.

Diketahui, di Kabupaten Purwakarta terdapat 169 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Sedikitnya 4.694 peserta bersaing memperebutkan formasi yang ada.

Ai Sadiah juga menyebut, passing grade CPNS 2019 diturunkan dari yang semula 300 lebih menjadi 271. Sehingga banyak peserta yang lolos passing grade.

"Dan bukan hanya Purwakarta. Kabupaten kota yang lain pun sama. Peserta lolos passing grade meningkat dibanding tes CPNS 2018," ujarnya.

Peserta yang lolos SKD, kemudian akan diikutsertakan dalam tes seleksi kompetensi bidang (SKB). "Info dari BKN pelaksanaan SKB sekitar 25 Maret sampai 10 April 2020," kata Ai.

Menurutnya, dalam tes CPNS formasi 2019 passing grade untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) 65, tes intelegensi umum (TIU) 80, dan tes kepribadian (TKP) 126. "Semua tesnya berbasis komputer (CAT)," demikian Ai. (*)