Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439H diadakan festival Bedug Akbar yang dilaksanakan pada malam takbiran menjelang Idul Fitri. Acara dibuka langsung oleh Penjabat  Bupati Purwakarta Dr.Ir.H. Muhammad Taufik Budi Santoso M.Soc.Sc di sekitar halaman kantor Kejaksaan Negeri, jalan Siliwangi Situ Buleud Purwakarta. Festival bedug ini dibuka dengan ditandai pemukulan bedug oleh Pj. Bupati Purwakarta.

Dalam sambutannya Pj Bupati Dr.Ir.H. Muhammad Taufik Budi Santoso M.Soc.Sc mengatakan festival Bedug ini adalah wujud ungkapan rasa bahagia karena kita telah melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan.  Dan ini mungkin satu-satunya festival bedug di Jawa Barat.

Menurut Ketua penyelenggara yaitu Kepala bagian Kesejahteraan rakyat (Kabag Kesra) Drs. Asep Komara, M.SI parade ini tiap tahun diadakan, hanya tempat yang berbeda-beda. Parade ini diikuti oleh utusan 29 Perangkat Daerah se-Kabupata Purwakarta ditambah 17 Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Tiap peserta diperbolehkan maksimal mengikutsertakan 3 team sehingga jumlah keseluruhan adalah 117 peserta.

Aneka ragam bedug ditampilkan dalam festival ini. Selain alat utama berupa bedug juga tiap peserta berusaha menampilkan hiasan dekorasi stand dan kendaraan bedugnya dengan berbagai hiasan. Ada stand yang dihiasi dengan kubah dan berbagai aksesorisnya seperti dari Disporaparbud. Ada yang memakai display teks berjalan seperti ditampilkan peserta dari Dishub dan Desa Babakan. Ada yang membuat peralatan instrument tambahan seperti dari kecamatan Wanayasa. Ada mobilnya dihias lampu led berwarna  seperti Kecamatan Bojong dan ada juga yang dilengkapi dengan calung dan gamelan seperti peserta  desa Mekarsari.

Berdasarkan pesertanya Lomba ini dibagi dalam 3 kategori yaitu kategori Perangkat Daerah atau Dinas, kategori Kecamatan dan kategori Desa. Lomba bedug ini baru melibatkan instansi-instansi di lingkungan Pemkab Purwakarta dan belum melibatkan warga masyarakat keseluruhan. Diharapkan pada tahun-tahun berikutnya bisa melibatkan masyarakat atau paling tidak melibatkan instansi-instansi diluar Pemda seperti dari perusahaan-perusahaan, kepolisian dan organisasi lainnya.

Setelah melalui penilaian juri, akhirnya diputuskan para pemenangnya adalah sebagai berikut:

Kategori Kecamatan:

1. Kecamatan Darangdan

2. Kecamatan Bojong Sukasari

3. Kecamatan Darangdan

Kategori Kelurahan / Desa:

1. Desa Babakan Wanayasa

2. Desa Cilingga Darangdan

3. Desa Mekarsari Darangdan

Kategori Dinas atau OPD:

1. Dinas Disporaparbud

2. Dinas Pendidikan

3. Dinas Damkar

Pengumuman Pemenang dan pembagian hadiah langsung dilaksanakan setelah selesai. (Rus)