Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta, mendapatkan pelatihan pembelajaran berbasiskan Science, Technology, Engineering dan Mathematics.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kampus UPI Purwakarta tersebut, dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol Covid-19.

"Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang keilmuan IPA" Ujar ketua tim PkM KBK IPA, Dr. Suko Pratomo, M.Pd. Sabtu (28/11) Kampus UPI Purwakarta.

Lanjut Dr. Suko, implementasi pembelajaran bidang STEM di Purwakarta terbilang masih jarang, sehingga pihaknya mencoba memberikan pelatihan kepada para guru sekolah dasar.

“Implementasi pembelajaran STEM di sekolah dasar, khususnya di sekolah negeri di daerah Purwakarta masih sangat jarang dilakukan” katanya.

Apalagi memasuki era persaingan global, tentu saja guru harus dituntut untuk lebih memahami, sehingga pelatihan STEM dari tingkat dasar harus mulai dikenalkan.

“Umumnya guru belum mengetahui secara rinci mengenai tahapan dalam pembelajaran IPA berbasis STEM di tingkat sekolah dasar serta belum memahami tentang kegiatan engineering atau perekayasaan yang dapat dilakukan oleh siswa sekolah dasar”. Jelasnya.

Substansi pelatihan mencakup landasan teoritik dan pedagogik terkait pembelajaran STEM di tingkat sekolah dasar 

"Berkelanjutan agar keterampilan guru bisa terus dikembangkan sesuai tuntutan zaman," kata Dr. Suko.

Selain itu para peserta diminta untuk mengisi survei terkait pelaksanaan kegiatan. 

Dari survey tersebut diperoleh bahwa lebih dari 70% peserta merasa materi pelatihan sangat relevan dengan pendidikan Sekolah Dasar.

"Dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam praktik mengajar di sekolah, serta dapat meningkatkan sikap, perilaku, pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar," ujar salah seorang peserta. (*)