(Purwakarta,) Bangsa yang besar, sangat penting sekali bagi kita semua selaku warga negara untuk senantiasa mengingat dan memaknai perjuangan para pahlawan serta pejuang perintis kemerdekaan dimasa lalu. Demikian disampaikan Pj. Bupati Purwakarta M. Taufiq Budi Santoso, dalam acara Riung Mungpulung Tetengger Nagri pejuang perintis kemerdekaan, bertempat di Bale Sawala Yudistira, Rabu, 15 Agustus 2018.

M. Taufiq mengatakan, kegiatan riung mungpulung dengan para tokoh pejuang perintis kemerdekaan ini, merupakan perwujudan rasa syukur dan momentum yang sangat berharga untuk memupuk dan memperkuat komitmen jatidiri anak bangsa, untuk menghargai jasa – jasa para sesepuh dan tokoh para pejuang.

Sebagai warga masyarakat Purwakarta, kita wajib bersyukur dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan ini sebagai sebuah insprirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan ini dengan karya dan prestasi.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih, kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atas partisipasi dan kerjasamanya dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Purwakarta yang ke 187 dan Kabupaten yang ke 50, serta memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 73.

Hari jadi tahun 2018 ini, dengan tema ? Kemilau Purwakarta dalam Bingkai Kebhinekaan, dijadikan sebagai spirit bersama – sama, merangkai gagasan, menerjemaahkan menjadi kinerja serta membangun irama kebersamaan sebagai strategi dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Purwakarta.

Kepada media, M. Taufiq mengatakan, kegiatan ini, khususnya untuk mensyukuri yang kita terima atas perjuangan, dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73. Selain itu, dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada Forum Unsur Pimpinan Daerah.

Menurut M. Taufiq selama ini, Unsur Muspida telah menunjukan bentuk kerjasama dan sinergi, sehingga Kabupaten Purwakarta menjadi aman, damai dan tertib, khususnya dalam pelaksanaan pilkada serentak telah melaksanakan dengan demokratis dan sekarang bisa melaksanakan kegiatan – kegiatan yang lain dengan aman.

Dia juga menambahkan, acara tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian CSR dari Bank BJB kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang diteruskan kepada BAZNAS dan masyarakat Purwakarta, terdiri dari 4 (empat) katagori, diantaranya Pertama, katagori yang berpenghasilan kurang mampu dengan premi BPJS kesehatan. Yang kedua, Guru Diniyah, DKM dan Penyuluh Agama yang non PNS, ini preminya sampai akhir Desember 2018.

Dalam acara tersebut, dirangkaikan dengan pemberian Penghargaan Lencana Karya Satya dari Presiden kepada pegawai yang telah mengabdi selama 10, 20, 30 tahun, dan Muspida, partisipan sponsor perusahaan, penyelenggara kegiatan, para pemenang lomba, serta penghargaan kepada lainya, seperti Pencipta Lagu Mars Purwakarta, unsur Seniman dan Budayawan, Kepariwisataan, Koreografer Tari, BJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta Baznas Purwakarta.
Turut hadir dalam kesempatan ini Unsur Muspida, Kepala Dinas, Camat, LVRI, PERIV Para Perintis Kemerdekaan dan Kepala BPJS Cabang Purwakarta, serta sejumlah tamu undangan lainya. (Y ? N)