Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) gelar agenda serbuan vaksinasi nasional dan pembagian sembako untuk warga terdampak pandemi di Dermaga Serpis, Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Kamis 23 September 2021. Dalam giat tersebut, nampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkopimda Purwakarta lainnya.

Dirbin Pers Puspomal, Kolonel Laut Firdaus Agus Cahyadi mengatakan, selain melakukan vaksinasi pihaknya juga membagikan ribuan paket sembako untuk masyarakat setempat. Sebagian warga penerima bantuan yang tinggal di seberang danau dijemput menggunakan perahu bargas.

"Kegiatan ini merupakan upaya percepatan vaksinasi nasional agar masyarakat bisa melakukan kegiatan keseharian seperti sediakala, sekaligus mendukung percepatan perekonomian nasional," ujar Kolonel Laut Firdaus kepada awak media.

Ia menjelaskan Waduk Jatiluhur dipilih sebagai salah satu tempat vaksinasi karena tempat tersebut merupakan salah satu tempat latihan TNI Angkatan Laut. "Kita pilih tempat ini karena merupakan tempat latihan kita, banyak atlet dayung TNI AL juga lahir disini dan sering mendapatkan prestasi di event nasional maupun internasional," kata dia.

Selain masyarakat setempat dan para nelayan, vaksinasi oleh Puspomal juga menyasar para pelajar yang akan menggelar pembelajaran tatap muka, "Selain masyarakat para nelayan juga kita jemput menggunakan kapal KPLT dan Polairud, para pelajar juga antusias ikut vaksinasi kali ini," kata dia.

Pihaknya menyiapkan sebanyak 1.100 dosis untuk vaksinasi kali ini, tapi jika masyarakat masih banyak yang mau divaksin, pihaknya juga siap melayani, "Dosis yang kita sediakan sesuai pendaftaran di awal ada 1.100, tapi kata Pak Lurah tadi kemungkinan akan lebih, kita masih akan melayani," ujarnya seraya mengatakan, selain melakukan vaksinasi Puspomal juga membagikan 1.600 paket sembako bagi masyarakat Dermaga Serpis yang terdampak pandemi.

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, sampaiĀ  dengan 22 September 2021 kemarin, target sasaran vaksinasi sudah mencapai 41, 14 persen. Untuk mencapai status PPKM Level 2, pihaknya harus mengejar target diangka 50 persen lebih. Dan yang menjadi kendala sejak awal adalah berkaitan dengan dropping vaksin.

"Dropping vaksin tersebut sering terlambat. Purwakarta sudah dua hari ini kosong dari Dinas Kesehatan atau dari Kemenkes sudah kita infokan, demikian juga ke Pemprov Jabar. Dengan adanya kegiatan hari ini dari Puspomal ini sangat membantu percepatan vaksinasi yang kita lakukan," kata Ambu Anne.

Sementara, satu peserta vaksinasi Gita Aprilia (15) pelajar asal Campaka mengatakan, ia ikut vaksinasi untuk persiapan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang kemungkinan akan digelar pekan depan. "Aku tau info vaksinasi dari teman mamah, ikut kesini juga sama kakak sama mamah," ujar Gita usai divaksin di Dermaga Serpis.

Gita mengatakan saat ini tempatnya sekolah di SMAN 3 Purwakarta di wilayah kota belum menggelar PTM, ia mengatakan saat jadwal vaksinasi di daerah tempat tinggalnya berlangsung dirinya baru sembuh usai terkonfirmasi positif COVID-19. "Aku pas kemarin disana baru sembuh Covid-19 jadi belum boleh, sekarang kan udah 3 bulan, jadi ikut vaksin disini," kata Gita. (*)