Purwakarta
- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menghadiri
acara pelatihan Pengolahan Buah Manggis dan Strategi Pemasaran Digital
Marketing dalam meningkatkan kreatifitas para UMKM yang di selenggarakan oleh
Gemawira Purwakarta di Gedung Creative Center, Purwakarta, Jawa Barat.
Pelatihan
tersebut sekaligus mengenalkan pentingnya penetrasi para pelaku UMKM dalam
mengoptimalkan platform digital. Sandiaga menerangkan, saat ini UMKM juga telah
dimudahkan dengan platform E Catalog dan E Commerce, sehingga hal tersebut
tidak akan mengganggu kegiatan Emak - Emak dirumah.
"Disini
kita memberikan pelatihan tentang digital marketing, bagaimana menjual di era
digitalisasi melalui pendekatan kemasan maupun juga pola - pola konten kreatif
yang diminati oleh pasar. Saat ini dimudahkan dengan konsep produk yang masuk
kedalam E Catalog, produk ibu - ibu bisa di on board kedalam platform E
Commerce jadi jangan khawatir ga harus di cek setiap hari, produknya
aman," kata Sandiaga, Sabtu (22/10/2022).
Namun,
keterbatasan kemampuan digitalisasi dan pembiayaan menjadi sebuah tantangan
bagi pelaku bisnis. Dengan begitu, Sandiaga memberikan solusi dengan menawarkan
program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Purwakarta, dan Sandiaga juga
berharap kegiatan pelatihan terus dilakukan demi terciptanya masyarakat yang
sadar akan pentingnya digitalisasi marketing.
"Pelatihan
ini jangan berhenti, harus terus diberikan inovasi dan kemampuan beradaptasi
untuk menghadapi potensi resesi, kedua pasarannya harus dibantu, dan ketiga
pembiayaan, saya menawarkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) ke ibu
Bupati, nanti akan kita bungkus mulai dari pelatihan pendampingan, perizinan,
sampai kepada pembiayaan itu disediakan dalam satu siklus," kata Sandiaga.
Dalam
pelatihan yang dihadirinya, Sandiaga juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi
diperkirakan akan melambat atau yang disebut dengan resesi global. Namun, ia
memotivasi para pelaku UMKM untuk tidak khawatir dan optimis menghadapi kondisi
yang akan terjadi.
Siti
Masitoh, salah satu peserta mengungkapkan dengan adanya pelatihan tersebut
dirinya menjadi lebih terbuka dalam dunia marketing digital dan kolaborasi
produk. Dirinya mengaku jika pelatihan tersebut diselenggarakan kembali, maka
ia akan mengikuti untuk meningkatkan produknya agar lebih dikenal masyarakat
luas.
"Untuk
emak - emak seperti saya ini banyak yang gapaham teknologi, tapi dari pelatihan
ini lama - lama makin memahami, jadi produk saya bisa lebih dikenal. Pelatihan
terus diadain jangan sampai stop disini, jadi UMKM Purwakarta bisa semakin maju
bisa mencapai keluar kota sekaligus keluar negeri," kata Siti.
Dengan
telah terlaksananya pelatihan Digital Marketing ini diharapkan mampu menjadi
modal dalam beradaptasi dan mengembangkan usaha UMKM di Purwakarta.(Diskominfo Purwakarta)