Komitmen Bupati Purwakarta dalam meningkatkan Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Purwakarta, yang hari ini terus berkembang nampaknya memberikan hasil. 

Upayanya membangun sektor UKM ini menuai apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang bekerjasama dengan Internasional Council for Small Business (ICSB). Yakni, melalui ajang Natamukti Award 2019.

Pengahargaan Natamukti sendiri, diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UMK RI, AA Gedhe Puspayoga melalui sekretarisnya kepada Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika di IPB Internasional Convention Center, Kota Bogor, Senin (7/10/2019). Penyerahan penghargaan sendiri, turut disaksikan Chairman ICSB, Hermawan Kartajaya.

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan menuturkan, Pemkab Purwakarta selama ini dinilai konsisten dalam melakukan pengembangan UKM di wilayah tersebut. Penghargaan Natamukti sendiri, merupakan bentuk apresiasi dari kementerian.

"Ini merupakan ajang tahunan sebagai bentuk apresiasi dari kementerian kepada para kepala daerah yang selama ini dinilai konsisten mendorong perekonomian masyarakatnya melalui UKM," ujar Rully.

Dalam ajang Natamukti 2019 ini, sambung dia, ada sebanyak 34 kabupaten/kota di nusantara yang terpilih mendapat penghargaan. Untuk di Jawa Barat sendiri, ada 5 daerah yang diganjar penghargaan.

Masing-masing, lanjut dia, Kabupaten Bandung, Subang, dan Purwakarta. Kemudian, Kota Cirebon, Kota Bandung dan Kota Bogor. Adapun untuk Purwakarta sendiri, kata dia, merupakan penghargaan kedua yang diraih selama dua tahun berturut-turut.

Untuk diketahui, penghargaan Natamukti 2019 sendiri dibagi kedalam tiga kategori. Yakni, kategori Natamukti, Natamukti Nindya dan Natamukti Ganapravara. Untuk Natamukti, itu merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota yang dianggap berhasil mendorong peningkatan kualitas produk lokal UKM. Semisal dari sisi pemasarannya.

Natamukti kategori Nindya diberikan kepada pemerintahan kabupaten/kota terbaik yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional maupun global. 

"Untuk Natamukti Ganapravara, itu bagi daerah yang bisa mempertahankan peringkat Natamukti Nindya," jelas dia.

Untuk Purwakarta, tambah dia di dua tahun berturut-turut ini mendapat penghargaan Natamukti. Daerah ini, dianggap berhasil mengembangkan sektor UMKM masyarakatnya.

"Semoga ajang ini tak hanya sebatas formalitas. Tapi harus terus jadi spirit untuk pengembangan UMKM," tambah dia.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, cukup bangga dengan torehan penghargaan tersebut. Kedepan, pihaknya menargetkan akan terus berupaya mendorong supaya sektor UMKM di wilayahnya terus berkembang.

"Ini memang sudah menjadi komitmen kami," ujar Anne.

Apalagi sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang. Atas dasar itu, pihaknya pun optimistis sektor UMKM ini akan terus berkembang di masa mendatang.

Optimistisnya ini bukan tanpa alasan. Apalagi, dirinya melihat potensi pasar yang cukup besar. Hal itu, berkaca pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayahnya yang juga mengalami peningkatan. 

"ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya." Jelasnya. (*)